Tips Membeli Sepatu Sepak Bola

Olahraga sepak bola erat kaitannya dengan sepatu. Pemain sepak bola profesional diwajibkan menggunakan sepatu di lapangan hijau untuk bermain dan berlatih.

Namun yang jadi pertanyaan, apakah semua sepatu bisa digunakan untuk bermain sepak bola? Jawabannya tidak. Jika Anda salah memilih maka bisa-bisa Anda mengalami cedera serius.

Bahkan sepatu yang sudah khusus untuk bermain sepak bola pun tak bisa kita pilih secara sembarangan. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar bisa menemukan sepatu yang ideal.

Kesalahan dalam memilih sepatu pernah dirasakan oleh legenda Manchester united, Eric Cantona. Akibat dirinya salah memilih sepatu, Cantona mengalami cedera serius pada tahun 2005. Hal tersebut membuat sang manajer, Sir Alex Ferguson mencak-mencak.

Lantas apa yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu sepak bola? Jika hal itu ditanyakan kepada gelandang Arema Malang, Djoko Sasongko, sepatu yang ideal tentulah sepatu yang nyaman ketika digunakan.

“Sepatu yang nyaman itu yang pas buat di kaki kita. Jadi enak buat gerak kemana pun,” tutur mantan pemain timnas U-23 SEA Games tersebut.

Soal harga, Djoko mengatakan hal itu bukanlah sebuah jaminan. Menurutnya, akan percuma membeli sepatu mahal tapi tak sesuai dengan ukuran kaki sang pemakai. 

“Kalau saya yang penting sepatu itu nyaman di kaki. Percuma mahal-mahal tapi tidak nyaman,” jelasnya lagi.

Lantas bagaimana cara mengetahui kita bisa sesuai dengan sepatu yang akan dibeli? Jangan langsung jatuh hati pada sepatu yang ingin Anda beli hanya dengan mencobanya di depan cermin.

Pakai sepatu dengan berjalan atau berlari di sekitar toko biar betul-betul enak memakainya saat berolahraga. Jangan lupa, untuk memakainya dengan kaos kaki. Karena kaos kaki menyempurnakan kenyamanan memakai sepatu. 

Ternyata tak semua pemain suka membeli sepatu yang pas di kakinya. Pemain belakang Persijap Jepara, Gunawan Dwi Chayo, mengatakan dirinya lebih suka membeli sepatu yang sedikit lebih kecil dari ukuran kakinya.

“Jadi kalau beli yang kecil, nanti sepatunya bisa melar. Nah, nantinya sepatu itu akan terbentuk sesuai kaki kita,” ungkap pemain yang pernah membela Arema Indonesia itu. Jadi pada akhirnya, yang dibutuhkan adalah pas cetakan kaki.

Kalau soal harga, Gunawan sepakat dengan Djoko. Menurutnya, sepatu mahal tak menjamin akan membuat sang pemain terhindar dari cedera. “Soal harga tak masalah, yang penting nyaman,” lanjutnya.

Selain soal ukuran dan harga, bahan sepatu juga layak diperhatikan. Tapi, kata Gunawan, penentuan bahan sepatu disesuaikan dengan lapangan yang akan digunakan.

“Bahan sepatu itu ada yang kulit sama bahan biasa. Itu semua nanti disesuaikan dengan kondisi lapangan,” ungkap suami Okky Agustina tersebut.

Bentuk pul (stud - tonjolan di bawah sepatu bola) juga menjadi salah satu faktor penting. Akibat memakai sepatu dengan pul berbentuk blade, David Beckham, Danny Murphy, Gary Neville, Trevor Sinclair, Wayne Rooney dan Steven Gerrard harus mengalami cedera metatarsal (retak tulang telapak kaki). 

Karena itu memilih sepatu bola memang bukan perkara asal-asalan. Mulai dari jenis, ukuran dan terutama harganya. Masih mau beli sepatu sepak bola yang mahal atau memilih sepatu yang nyaman untuk Anda?

Artikel by Yahoo